Home » » Wisata Jawa Timur

Wisata Jawa Timur

Jawa Timur adalah sebuah provinsi di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia. Ibukota terletak di Surabaya. Luas wilayahnya 47.922 km², dan jumlah penduduknya 37.476.757 jiwa (2010). Jawa Timur memiliki wilayah terluas di antara 6 provinsi di Pulau Jawa, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat. Jawa Timur berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Provinsi Jawa Tengah di barat. Wilayah Jawa Timur juga meliputi Pulau Madura, Pulau Bawean, Pulau Kangean serta sejumlah pulau-pulau kecil di Laut Jawa dan Samudera Hindia(Pulau Sempu dan Nusa Barung)

Objek wisata ini tersebar di berbagai kota di Jawa Timur antara lain di Surabaya, Magetan, Malang, Situbondo dan banyak lainnya sehingga hampir setiap kota memiliki objek wisata khas kota masing-masing.

Di Jawa Timur ini juga terdapat bandara Internasional Juanda yang terletak di kota Surabaya sehingga dari manapun sobat berangkat akan dengan mudah untuk sampai ke tujuan. Selain di Surabaya, bandara juga terdapat di kota Malang dan Sumenep di pulau Madura. Sebagian besar objek wisata di jawa timur ini juga mudah untuk dituju baik menggunakan mobil pribadi, motor ataupun angkutan umum.

Beberapa objek wisata di jawa timur yang bisa sobat kunjungi antara lain :

1. Gunung Bromo
 
 
Gunung ini terletak di 3 kabupaten yaitu Probolinggo, Lumajang dan Pasuruan. Gunung Bromo menawarkan pemandangan alam yang sangat indah apalagi saat matahari terbit sehingga tak heran banyak turis asing yang berkunjung ke gunung ini.

2. Telaga Sarangan

Telaga atau Danau yang terletak di kabupaten Magetan ini juga memiliki penorama alam yang tak kalah indahnya. Disini juga terkenal akan kuliner sate kelincinya. Selain telaga sobat bisa menikmati air terjun yang ada dikawasan wisata ini.

3. Pantai Balekambang

Pantai ini terletak 45 kilometer sebelah selatan kota Malang. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang bagus dan pasir yang putih serta terdapat sebuah pura diatas karang mirip dengan yang ada di Tanah Lot, Bali.

4. Jembatan Suromadu

Jembatan ini terletak di kota Surabaya yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan ini menghubungkan pulau jawa dengan pulau madura. Pada malam hari pemandangan jembatan ini sangatlah menakjubkan karena dihiasi dengan bebagai lampu warna-warni.

5. Bendungan Wonorejo 

Bendungan ini terletak di kabupaten Tulungagung. Bendungan ini merupakan salah satu bendungan terbesar se-Asia Tenggara.

6. Pantai Pasir Putih Situbondo 

Pantai ini terletak di kabupaten Situbondo. Pasir pantainya berwarna putih dan pengunjung akan membludak pada akhir pekan. Di pantai ini sobat bisa menyewa perahu layar untuk berkeliling pantai atau sekedar mencari keong di pinggir pantai.

7. Pantai Watu Dodol di Banyuwangi

Bila Anda hendak ke Bali melalui jalur utara (melalui jalur Sitibondo) Pulau Jawa, sebelum tiba di Banyuwangi Anda akan melewati Watudodol. Letaknya di pinggir pantai, ditandai dengan patung Gandrung, ikon Banyuwangi.Jawa Timur.

8. Makam Sunan Ampel di Surabaya

Kawasan Wisata religi Sunan Ampel berada di jalan KH Mas Mansyur Kelurahan Ampel, Semampir, Surabaya, Jawa Timur. Karena letak kawasan wisata religi sunan Ampel berada ditengah kota surabaya,maka kawasan Makam Sunan Ampel tersebut sangat mudah untuk dijangkau oleh kendaraan pribadi Maupun kendaraan angkutan umum

9. Jatim Park 1 dan 2 di kota Batu, Malang

Jatim Park sendiri lokasinya tepat di Kota Wisata Batu, Malang. Nah, tepatnya saya pergi ke Jatim Park 1. Loh ko pake angka 1? Soalnya Jatim Park ini sebenarnya ada 2 ternyata.

10. Air Terjun Madakaripura di Probolinggo

Terletak di Desa Sapeh, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Propinsi Jawa Timur. Air Terjun Madakaripura adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.  Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 m dan berbentuk ceruk yang dikelilingi tebing-tebing yang menjulang tinggi yang meneteskan air membentuk tirai pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan.

11. Pantai Lombang, Sumenep

Pantai Lombang adalah salah satu pantai yang terletak di kabupaten Sumenep, Madura. Pantai ini tepatnya terletak di sebelah timur Sumenep, kira-kira 25km dari Kota Sumenep tepatnya di Kecamatan Batang-Batang. Pantai Lombang merupakan salah satu wisata alam unggulan di Bumi Sumekar. Di pantai ini, selain deburan ombak yang cukup tenang dan pasir putih yang sangat halus, para pengunjung juga akan disuguhi dengan rimbunnya pohon cemara udang yang berjajar mengikuti garis bibir pantai.

12. Wisata Bahari Lamongan (WBL)

Terletak di pesisir utara Pantai Jawa, tepatnya di kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan – Jawa Timur, Wisata Bahari Lamongan (WBL) menawarkan oase tersendiri bagi wisatawan. Berdiri sejak tahun 2004 sebagai hasil pengembangan objek wisata yang telah ada sebelumnya, yaitu Pantai Tanjung Kodok.


13. Pantai Prigi di Trenggalek

Letak pantai prigi berada di wilayah desa Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek. Jawa Timur. Pantai prigi menawarkan pemandangan yang tidak kalah dari pantai-pantai lain di jawa.

14. Air Terjun Coban Rondo di Malang

Objek Wisata Air Terjun Coban Rondo berada di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Sekitar 30 km arah barat laut pusat Kota Malang dan dapat ditempuh dalam waktu 30 menit saja.

15. Pulau Sempu di Malang

Lokasi Pulau Sempu sendiri berada di Pantai (Tempat Pelelangan Ikan) Sendang Biru Kabupaten Malang (Malang Selatan), Propinsi Jawa Timur.

16. Air Terjun Sedudo di Nganjuk


Terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Propinsi Jawa Timur. Air Terjun Sedudo berada di ketinggianan 1.438 meter di atas permukaan laut (dpl) di sisi timur kawasan Gunung Wilis, dengan ketinggian air terjun sekitar 105 meter.

17. Pantai Ngliyep di Malang

Pantai Ngliyep berada di tepi Samudera Indonesia, tepatnya di desa Kedungsalam kecamatan Donomulyo, 62 km dari arah selatan kota Malang.

18. Batu Night Spectacular (BNS) di kota Batu

Sahabat Daun Singkong, Tahukah kamu Batu Night Spectacular atau disingkat BNS adalah objek wisata atau pun wahana hiburan dan rekreasi keluarga yang terletak di Kota Wisata Batu, Jawa Timur tepatnya di Jl. Oro-Oro Ombo, Desa Oro-Oro Ombo, Kota Batu. Diberi nama begitu karena wahana rekreasi keluarga ini buka pada malam hari.

Salam Budaya-Budayakan Salam
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar